CANDI SUROWONO VERSI ANGIN

foto0031Candi Surowono terletak di desa Surowono, Kecamatan Pare, sekitar 30 Km dari kota Pahatan relief yang ada di Candi Surowono merupakan rangkaian cerita Bubuk Sahdan Cagak Aking, cerita Sudomolo dll. Pada Candi ini juga ada Pemandu yang memberikan penjelasan bagi pengunjuang.

foto000Sebagai bagian dari wilayah kerajaan, Kabupaten Kediri memiliki banyak peninggalan bersejarah yang sangat penting. Seperti Candi Tegowangi, Candi Surowono, Candi Dorok, Prasasti Pohsarang, Arca Tothok Kerot, Arca Mbah Budho, Gereja Pohsarang, Situs Calon Arang, Situs Tondowongso serta beberapa peninggalan lainnya.

foto045Candi Surowono sebagai salah satu materi budaya Kabupaten Kediri memiliki nilai sejarah yang tinggi. Peninggalan suci Kerajaan Majapahit dengan latar belakang agama Hindu ini terletak di Pare, kurang lebih 28 kilometer, atau sekitar 50 menit dari Kota Kediri. Dulu, candi ini menjadi tempat bersuci Raja Wengker, salah satu raja fatsal atau bawahan di masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, Majapahit. Dalam kitab Negarakertagama disebutkan, Candi Surowono terletak di Visnubuvanapura, sebuah tempat pemujaan kepada Dewa Wisnu yang terletak di daerah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

foto057

Dibangun pada abad ke 15, Candi Surowono memiliki banyak keunikan. Baik dari segi arsitektur maupun relief yang menggambarkan cerita Arjuna Wiwaha, Bubhuksah, Gagang Aking, dan Sri Tanjung. Sayang, bagian yang masih utuh dari candi ini hanya tinggal kaki dan tubuhnya. Bagian atap sudah rusak dan runtuh. Padahal, candi ini dibangun dengan menggunakan batu andesit berpori dan bagian pondasinya menggunakan batu merah dengan orientasi arah menghadap ke barat.

foto015

5 Tanggapan to “CANDI SUROWONO VERSI ANGIN”

  1. aQ tw 2,,,mAnK u 2 Nk mNA SiCh???

  2. aku pernah pergi ke candi surowono dan kolam rengan surowono tempatnya asik sich bayarnya murah cuma 1500 masuk kolam renang tapi sewa ban mahal……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: